Jenis Puisi Tradisional ( Lama) Indonesia

Sebagai awalan atau muqoddimah tentang jenis jenis puisi tradisional(lama) di Indonesia yang nanti hanya berisi urutan postingan sebelumnya yang pernah terpostingkan ada baiknya disampaikan perbedaan mendasar Puisi Tradisional (Lama) dengan Puisi Modern (baru) meski cuman sekedar.

Yang patut digaris bawahi sebelumnya adalah bahwa tidak pernah ada garis pemisah yang tegas antara yang tradisional dan yang modern; karena pada prakteknya thohsering ditemui pembauran keduanya, baik itu berupa inversi, tipografi atau enjambemennya yang ada di Puisi Tradisional muncul di Puisi Modern yang nyata nyata nya pun tak bisa itu dikatakan menjadi jenis jenis puisi tradisional dilihat dari keseluruhan bentuk puisi modern tersebut.

Intinya Puisi Tradisional ini menjadi semacam sebuah sistem kode budaya kesebuah generasi sastra selanjutnya.
Bukankah Syair ataupun Gurindam adalah pengaruh dari budaya luar juga, yakni Sastra Arab yang kemudian diterima sebagai kekayaan sendiri bukan? Yang mana Puisi tradisionalpun masih bisa kita nikmati keindahannya ini hari.

Nah sebagai penutup seperti ujaran diawal inilah Jenis Jenis Puisi tradisional (Lama) yang ada di Indonesia Itu
1.Pantun
2.Mantra
3.Gurindam
4.Syair
5.Talibun
6.Seloka

Salam….🙂

Pos ini dipublikasikan di Asal nyoret, Budaya, Jenis Puisi Tradisional Lama. Tandai permalink.

20 Balasan ke Jenis Puisi Tradisional ( Lama) Indonesia

  1. Sudino Dinoe berkata:

    Oh puisi lama itu sebagai inti dari pembentukan puisi baru ya mas..thanks infonya mas

  2. Aulawi Ahmad berkata:

    bener banget itu semua merupakan kode budaya suatu bangsa..tq 4 share🙂

  3. gaelby berkata:

    Thanks sharingnya, aq dapat ilmu perbedaan antara keduanya. Salam sobat🙂

  4. rawins berkata:

    kalo mocopat termasuk yang mana neh..?

  5. jadi inget buku bahasa indonesia yang itu hhehhe

  6. siroel berkata:

    thx sharenya mas…jd tau nih, saya ngga ngerti teorinya, hehe…

  7. mixedfresh berkata:

    aku belum pernah denger yang seloka contohnya kaya gimana ya

  8. Laksamana Embun berkata:

    Thanks infonya Kang.. Sangat informatif…Oia Kang, Pasang lagi donk link Laksamana Embum, Link Akang masih ada di blog saya.. Thans

  9. anyindia berkata:

    berasa balik SMP hahahaha

  10. Aby Umy berkata:

    wah, belajar bahasa indonesia nijadi ingat masa sekolah dulu🙂

  11. wah menarik nih mas, nambah pengalaman mengenai jenis puisi…thanks dah shared yah

  12. keren nih post..simpel n menambah pengetahuan. good luck for admin

  13. julianusginting berkata:

    tp jaman sekarang jenis puisi lama itu udah hampir tidak dikenal sob…skr dah modern, paling pantun dan syair yg masih org kenal

  14. Yohan Wibisono berkata:

    Terima kasih atas info dan artikelnya sangat bermanfaat untuk saya dalam mengetahui sejauh mana perbedaan antara puisi lama dan modern. Saya tunggu artikel2 selanjutnya yang sangat menarik sekali. Saya tunggu kunjungannya anda di blog saya. Slm Kenal

  15. Arif Chasan berkata:

    thanks… nambah wawasan nih.. ^^

  16. Ali Mas'adi berkata:

    kelingan jaman sekolah meneh..

  17. Ali Mas'adi berkata:

    kelingan jaman sekolah meneh..

  18. Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

  19. Elsa berkata:

    dari semua jenis puisi itu…tak satupun yang aku bisa bikinduuuuh, parahnya aku!

  20. attayaya berkata:

    numnpang komen disini yaabisan yang diawal pada ketutup semuasalam anak SMP pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s