Setengah Sajak Tentang Anyar Atau Baru

Dalil Tuhan itu ada adalah bukti bahwa Tuhan itu ada, Yang selamanya, Yang tak terikat tempat, waktu dan tak mirip secuilpun dengan keterbatasan sifat makhluk;yang najis yang lemah, yang berarti menuju kesebuah kesimpulan bahwasanya yang namanya Tuhan harus satu; tak terbilang atau esa lebih enaknya kalau Pancasila ngomong: adalah barunya alam semesta atau anyare ikilah alam-istilah jawa di Risalah Awwal-, Khudutsul ‘Alam kalau Sanusiyyah bilang. Itu berarti pernyataan kalau Alam itu pernah tidak ada, BLAS, Sama sekali tiada, Lha trus menjadi ada atau wujud, yang semua orang berakal pasti nemu atau tahu, bahwa setiap yang hukum wujudnya itu anyar atau baru wujudnya, pasti harus ada yang mewujudkan, yang kemudian kita namakan Tuhan. Dan dibahaslah bahwa yang namanya Alam adalah hanyalah sekumpulan dzatdzat dan sifatsifat, dan baru atau anyar berarti wujud yang pernah didahului atau pernah menerima tidak ada, Yang lalu disederhanakan pada satu dzat dan sifat yaitu Diam dan bergerak. Diam dan bergerak yang tak mungkin wujud bersamaan di satu dzat, diam dan bergerak yang salah satunya harus ada selama dzatnya itu ada-pada makhluk tentunya. Dimana semua makhluk di bumi, tanpa terkecuali, tak bisa lepas dari diam dan bergerak ini, yang pun mengarah pada suatu kesimpulan alam ini adalah baru karena keterdiamannya dan kebergerakannya adalah baru, yang menetap di dzat yang baru pastinya, Baru ita cocokkan dengan Firman dan Sabdasabda Utusan bahwa apa yang mereka bawa dan sebarkan adalah benar dan sesuai dengan akal.

Pos ini dipublikasikan di Akal, ENTAHLAH. Tandai permalink.

33 Balasan ke Setengah Sajak Tentang Anyar Atau Baru

  1. Rawins berkata:

    kata mutiara yang indah di awal pagi ini…thks sob..

  2. Aulawi Ahmad berkata:

    gak paham ane, tapi mungkin memang seharusnya semua yg ada di alam ini bisa di terima dengan akal manusia

  3. mencoba membaca ulang, krn msh bingung he he…

  4. marsudiyanto berkata:

    Belajar memahami makna diam dan bergerak…

  5. Ali Mas'adi berkata:

    aku diam aku juga bergerak..

  6. Delia berkata:

    Semua yang diciptakanNya jelas..makanya kita disuruh berpikir..wahh dalam banget nih mas🙂

  7. Lilah berkata:

    Ternyata aku sama dg yg lain, sambil berkernyit-2 buat mbaca maknanya…

  8. Narzis Blog berkata:

    Masih belum begitu paham mas sama sajak itu.Masih mencoba menerawang apa maksudnya🙂

  9. Dunia Hape berkata:

    Bingung mas sama sajaknya.Gak ngerti soal saja sih, jadi maknyanya belum dapat😀

  10. Main Kata berkata:

    waduh waduh…mau menyapa …tapi daku tak sempat mencoba memahami ^-^hihihi….. mungkin karena daku terburu-buru yah ^-^salam hangat ^-^

  11. senja berkata:

    mencoba memahami postinganmu yg dalam ini buwel,..*belum mengerti jg😦

  12. Rock berkata:

    Mencoba untuk memahaminya…

  13. Etc News berkata:

    Aku juga sama seperti yang lainnya… hahaha…

  14. Munir Ardi berkata:

    sebuah posting kreatif mas buwel

  15. tfd berkata:

    mas buwel, kali ini ane ga nyandak..tapi hanya bisa ngerasain aja kata-kata ini…

  16. biar saya tebak, ini satu kalimat😛

  17. Elsa berkata:

    waduh, aku menyerah kalo filsafat.terlalu berat

  18. TUKANG CoLoNG berkata:

    kata 'setengah' itu aku suka:)gag tw knapa, sk aja

  19. nietha berkata:

    mampir sore wel..

  20. DewiFatma berkata:

    Kalau Tuhan nggak ada, mustahil kita ada…Met sore menjelang malam, Wel..

  21. Tukang komen berkata:

    Seperti kita semua adalah jelas adanya, maka Tuhan sendiri juga jelas adanya… tidak membingungkan kita sebagai umatNya

  22. julianusginting berkata:

    Dia adalah yang menciptakan segalanya…kita percaya truss..

  23. bintang berkata:

    Tuhan itu EsaSatutunggaltidak beranakdan tidak diperanakkanmaaf baru bisa bales komen ^_^

  24. siroel berkata:

    betul betul betul… alam ini adalah salah satu dalil tuhan…

  25. Aby Umy berkata:

    Allah Maha esatidak beranakdan tidak pula diperanakkanaku percaya itu

  26. dinoe berkata:

    makasih mas..atas pencerahannnya..salam

  27. joe berkata:

    mikir dulu baru koment…

  28. Susy Ella berkata:

    aku bingung mas….ga ngerti hiks T_T

  29. catatan kecilku berkata:

    Mampir utk mencoba memahami tulisan di atas lebih dalam lagi…

  30. Delia berkata:

    Mas buwel mau komen lagi nih..selamat ya no.2 loo di Indo Matters..kok gak dipasang icon nya…dipasang loo ntar dichek ama IM hehhehhebat.. hebat… ^_^

  31. Umy Diary berkata:

    tuhan,,,yang paling agung,,,

  32. nurin berkata:

    assalamu'alaikum…saya suka dengan gaya tulisan mas buwel, singkat, padat, dan penuh makna krn tulisan2 itu mengandung ilmu di dalamnya.semoga untuk yg lain bisa memahami apa yg hendak mas buwel sampaikan.Paling tidak cara ini lebih kreatif dibanding mereka yang hanya menuliskan status di fesbuk. Semoga bermanfa'at dan bisa dijadikan manfa'at bagi yg membacanya.Mohon maaf jika ada yg tdk berkenan. Salam kenal, dan keep writing…^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s