Tentang Syair,Contoh, Ciri Ciri & Asal Katanya

Setelah dalam postingan kemarin saya membahas Talibun, Seloka, Wangsalan dan Mantra; sekarang saya hanya akan melanjutkan postingan jenis puisi tradisional selanjutnya yaitu Syair, beserta ciri-cirinya tentu seperti judul, He

Syair yang merupakan puisi tradisional yang cukup tua yang tumbuh dan bertunas setelah masuknya peradaban islam ke indonesia, Kata para ahli sejarawan Sastra; Kata Syair sendiri berasal dari kata Syu’ur yang artinya perasaan.

Syair yang merupakan puisi tradisional, mendapatkan pengaruh kesusasteraan islam seperti pantun. Syair juga digunakan untuk melukiskan sesuatu yang panjang, bisa tentang suatu cerita, ilmu, persahabatan dan lain lain.

Sedang ciri ciri atau karakteristik syair adalah sebagai berikut:
~ Tiap bait terdiri dari 4 baris
~ Biasanya setiap baris terdiri dari 4 kata
~ Sajaknya a-a-a-a
~ Ke empat baris merupakan rangkaian isi atau pesan

Dan saya jadi merasa kalo Syair Ceng-Lu saya kemarin ternyata bukanlah Syair, Karena tak mengikuti karakteristik Syair diatas; Untuk itu saya tuliskan Contoh Atau Bentuk Syair yang diambil dari situs Ashaid’s Weblog (http://ashaid.wordpress.com/2009/04/29/puisi-syair-kwatrin/) sebagai penutup postingan Syair Ini:

Seri Negeri gelaran diberi
Sebuah pulau cantik berseri
Bernaung dibawah sebuah negeri
Raja berdaulat Paduka Seri

Lautnya biru pantainya indah
Makam Mahsuri lagenda sejarah
Puteri Melayu tak mudah menyerah
Tujuh keturunan dimakan sumpah

Pulau lagenda dimakan sumpah
Tujuh keturunan tamatlah sudah
Kini makmur melimpah ruah
Semua penghuni tersenyum megah

Dan Salam…🙂

Pos ini dipublikasikan di Budaya. Tandai permalink.

52 Balasan ke Tentang Syair,Contoh, Ciri Ciri & Asal Katanya

  1. nietha berkata:

    ngomen pertama ya wel

  2. bayuputra berkata:

    Wah terimakasih banyak karena sudah diberikan ilmu baru … sangat berarti bagi saya yang masih awam tentang Syair – Syair …

  3. alamendah berkata:

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!Satu lagi kekayaan khasanah budaya Indonesia yang mulai terlupa….

  4. Aulawi Ahmad berkata:

    makasih infona brother acheney🙂

  5. tomo berkata:

    Syair enak jika dibaca bersama sam.belakangnya biasanya sama hurufnya

  6. uswah berkata:

    Askum.makasih penjelasan syairnya

  7. de javu berkata:

    syair, puisi, n pantun ternyata berbeda ya brother ney hehehe

  8. Hdsence berkata:

    yups,,syair memiliki sajak ABAB begitukan..nice,,,contoh syair diatas akhirannya H semua..nice,, met malam kawan..

  9. Munir Ardi berkata:

    dapat tambahan ilmu yang bagus untuk sastra lama

  10. Winny Widyawati berkata:

    Jadi ingat lagi pelajaran sastra waktu SMP makasih ya🙂

  11. ok deh, pak dosen Achen

  12. siroel berkata:

    mantep bgt sob, thx sharenya ya….

  13. Fajar berkata:

    wih….sang pendekar syair bersalju….sedang menularkan ilmunya….matur nuwun nggih…sudah berbagi ilmunya……

  14. bintang berkata:

    Syair ada yang bilang berasal dari tanah Melayu dan kadang syair mirip gurindam.thanks infonya Chen….met malem…

  15. Abdul hafizh berkata:

    Syair yang bagus nih bos ..🙂

  16. waroeng coffee berkata:

    jadi inget pantun jenaka :beli manggis di paris…lihat rumah berbaris-baris..biar luka diujung keris…asalkan dapat gadis yg manis…hehehe

  17. Cah Ndueso berkata:

    jd inget buguruku bhs indo,hehehe

  18. TUKANG COLONG berkata:

    sayang musim ujian dah slese, cuba belum, ini kan bisa berguna..:(

  19. hehehe,jadi keinget pelajaran bahasa indonesia dulu sobat…maturtengkiyu sobat sudah berbagi informasi yang menarik ini..

  20. oding berkata:

    nice Ipoh. harusnya para pencipta lagu baca ini, supaya tidak seenaknya bikin syair dan lirik lagu.

  21. readhermind-dy berkata:

    baru ngeh, syair artinya perasaan..

  22. ToPu berkata:

    Setelah baca posting koQ aQ jadi ingat masa smp dulu ya…..

  23. rosanakmami berkata:

    ya ampun..achen sama buwel tu satu orang ya?aku baru sadar, heu… :pvbaca postingan ini jadi inget pelajaran bahasa indonesia, heu…

  24. rizal berkata:

    dapat ilmu baru lagi nih, syair itu mirip-mirip ama pantun ya. pantun biasanya a-b, a-b, dan bisa juga a-a,b-b.thank ya..

  25. Winny Widyawati berkata:

    Ada tag buat anda diambil yaa🙂

  26. attayaya berkata:

    nahhhhhhhhhh ini sangat mantapmari kembangkan budaya Indonesiahidup bang achenhidup bang buwel

  27. Ratasoe berkata:

    Ternyata tdk bleh sembrangan ya mas lo bwt puisi atau syair..perlu blajar ilmux dulu hehe..

  28. Elsa berkata:

    lebih suka sama yang Ceng-Ludaripada yang itu,hehehehe

  29. Oh, begitu?Baru tahu nih aku, kalo syair dipengaruhi dunia islam.

  30. yangputri berkata:

    wah bang achen ini orang sastrawan ya…*bang mampir ke blog aku ya http://yangputri.com

  31. anyin berkata:

    inget masa SD LAGI kalo udah mbahas syair:D

  32. Awan berkata:

    ohh.. begitu yah…brarti, yg saya buat dlu juga bukan syair donk..(mang pernah..?? ..gak)hehe..salam kenal..

  33. bayuputra berkata:

    Selamat siang sahabat … semoga sukses selalu…

  34. Delia berkata:

    syair mirip dengan pantun ya mas ?menurut lia tidak..walaupun buta sastra… lia pernah baca syair2 melayu.. dan benar2 dalam maknanya..maaf lama tidak berkunjung😀

  35. ajeng berkata:

    [Manggut-manggut..]

  36. Makasih banyak atas sharing ilmunya sobat.

  37. kyra.curapix berkata:

    kayaknya pernah diajarin akutapi gak tau kapanhahahhaha

  38. Anggi Zahriyan berkata:

    nice inpo euy.. dapat ilmu baru nih.

  39. nurrahman berkata:

    trimakasih ilmu sastranya, mengingtkan kembali khasanah satra😀

  40. jarwadi berkata:

    hihihi, jadi ingat pelajaran SMP harus menghafal diantaranya puisi, syair, pantun dan lain lain, tetapi sekarang sudah menguap entah kemanamembaca posting ini membuat saya bernostalgia akan guru bahasa indonesia yang cantik itusalam

  41. attayaya berkata:

    komen…komen…komen…met siang bro

  42. It really have great opportunity for all.

  43. Danil Edan berkata:

    Good post keep it up god bless you

  44. emang susah yah kayaknya bedain antara syair puisi dan pantun?

  45. jarwadi berkata:

    saya suka dengan foto ilustrasi yang dipakai pada postingkesannya intim banget

  46. lovepassword berkata:

    Kalo puisinya Sutardji Calzoum Bachri, mirip syair juga ya, tapi ya gak syair..🙂

  47. Muhammad Qori berkata:

    Syair tuh budaya Arab ya, yang berkembang di Indonesia,,,kalau di Amrik sono mungkin budaya syairnya dengan rap…

  48. malna widahta berkata:

    kalau baris 1-2 nya jadi cangkangnya tapi rima-nya sama. Masuknya jadi ke pantun atau syair ???

  49. Anonymous berkata:

    Thank~s ( "_")………..

  50. niinii berkata:

    judul syair nya apaa

  51. Anonymous berkata:

    tolong diberikan makna/gagasan dari setiap baris dalam 1 bait agam saya dapat mengambil kesimpulan dari syairnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s