Fii Hirrotin (Karena Kucing), Tag Kucing Tengil

Buwel lagi teringat saja dengan kata “Fii Hirrotin” ini, kata yang pernah buwel temui sewaktu ngikutan Madrasah diniyyah dulu. Saat itu sang Ustadz lagi menjelaskan kitab Jurumiyyah di pasal tentang isim yang memiliki ciri bisa dimasuki khafadh, tanwin, dan alif lam(bagian awal jurumiyyah).

Nah Disitu khan di jelaskan diantara huruf khofadh(jar) yang sepuluh itu terdapat juga Fii.Sang Ustadz menjelaskan bahwa yang namanya Fii itu biasanya berarti di dalam, seperti contoh fil bayti ataupun fil masjidi yang berarti di dalam rumah atau di dalam masjid. Namun ada fii yang bermakana ‘karena’ seperti pada lafal Fii Hirotin ini yang berarti karena kucing.

Kalau nggak salah, seperti yang buwel contek di situs internet itu susunan lengkap kalimatnya seperti ini:

“ ‘Udzdzibat imroatu fi hirrotin habasat-haa hatta maatat juu’an fadakholat fiihaan-Naaro “ ,
(Seorang perempuan disiksa karena kucing, ia mengurungnya sampai mati karena lapar, maka ia masuk neraka karenanya )

Namun, Maaf karena buwel bukan pakar tentang nahwu ataupun ilmu hadits tersebut, buwel nggak tega bila rangkaian kalimat indah diatas bisa ‘rusak’ susunannya karena penjelasannya buwel.😦
Buwel menampilkan kata Fii Hirrotin tersebut sebagai mukaddimah saja untuk ngerjakan tag dari si kucing tengil, takut ajah kalo tag ini ‘di kurung’ lama lama bisa berbahaya, … hehehehe…

Tagnya di suruh menyebutkan buku2 yang buwel baca dan buwel suka.
Jadi langsung saja buwel menjawabnya.

Hmmm, namun Sebelumnya buwel agak ‘minder’ juga untuk menyebutkan buku2 atau kitab kalo buwel menyebutnya, takut ajah buku atau kitab buwel ini masuk ‘underground'(jarang dikenal)… heheheh, Jadi buwel sebutkan saja buku2 yang mungkin agak di kenal, dan nggak papa yak kalo cuman dua…

~ Sahovsky ( Chess Informant, 2001)
Buku yang agak nggak penting menurut orang2 yang nggak suka catur, di dalamnya berisi partai2 catur yang terjadi di segala tournament dunia yang diadakan FIDE ataupun PCA. Dan dibahas lengkap oleh ahli2 (GM) catur Dunia, Hampir semua ECO (Encyclopedy chess of Opening) populer di bahas disini. sangat menyita waktu untuk dipelajari, meski begitu mengasyikkan dan bikin pusing. Membaca ini berarti sekaligus mennggelar papan catur dan memainkannya supaya lebih paham.

~ Trilogi The Condor of Heroes
sin tiauw hiap lu kalo nggak salah bahasa mandarinnya. Trilogi yang seru menurut buwel. Di Buku pertama (Legend of condor heroes) menampilkan kisah tokoh Kwee Ceng dan Oey Yong, Di buku kedua( Return Of The Condor Heroes) Yo Ko dan Bibi Lung dan di buku ketiga (To Liong To) ada Thio Bu Kie dan Thio Beng. Buku2 Yang jadul dan klassik, kisahnya juga klassik. Buwel bacanya juga sudah lama sekali, Hmmm kira2 kelas 5 Sd. Waktu buwel sering bermain di persewaan komik.🙂.
Kisah2 yang ditampilkan sangat menarik dan penuh nasihat2 meski berbentuk komik.

Dan sebenernya masih banyak buku2 lainnya yang buwel suka, diantaranya seperti buku2nya Motinggo busye, Abdullah Harahap, Bastian Tito, Fredy S, Mira W, Nh Dini, Sh Mintardja, dsb.
Cuman karena mbaca buku2 tersebut sudah lama, dan jadi lupa judulnya, jadi ya yang buwel sebutkan cuman dua saja. Moga tak apa apa.🙂

Dan Terakhir sekalian majang awardnya Brother Abi sabila

Thanks Dan Salam….

Pos ini dipublikasikan di Award Dari Sobat, Little. Tandai permalink.

50 Balasan ke Fii Hirrotin (Karena Kucing), Tag Kucing Tengil

  1. richo berkata:

    wah bisa2 kalo di simpen di cakar si kucing tar hehehe…. mending bro suka baca buku,aku seringe baca radio heheh

  2. darahbiroe berkata:

    lupa apa sngaja yaw kira2 mngurung kucing sampe mati kelaparan kshan bgt kucingnaberkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihhh😀

  3. hryh77 berkata:

    kalo saya sih lebih suka baca komik.. btw goodluck mas buat awardnya he..he..

  4. nuansa pena berkata:

    wao …. sama aku juga suka catur, kho ping hoo nya juga saya baca tapi yang dalam bentuk saku, sekali pinjam jilid 1 sampai habis, sekarang kok gak ada ya ditoko-toko!

  5. partelon berkata:

    Duh, muqaddimahnya masalah nahwu, neh… jadi minder mo ikutan komen, hiks…😦

  6. Dinoe berkata:

    selamat ya mas, peer tag nya udah selesai dan selamat juga atas awardnya….

  7. motinggo busye kan kalo nulis rada2 gimana gitu. hi hihi…tapi selera orang kan beda2 ya, wel.

  8. suka kopi kok. manaaa? sama gorengannya ya.

  9. Elsa berkata:

    jaman masih sekolah dulu, nahwu sorof paling menakutkan…

  10. Elsa berkata:

    btw aku juga dapet tag ini… lama sekali. belom sempat ngerjain sampe sekarang. hehehehee

  11. AISHALIFE-LINE berkata:

    hehehe…saya suka hadistnya itu.Btw selamat ya atas awardnya.

  12. anak nelayan berkata:

    selamat atas ewotnyakirain..ternyata dari si tengil hehehe

  13. Abi Sabila berkata:

    Saya juga lagi 'rajin-rajin'nya berburu ebook, dan baru sebagian kecil yang sempat di baca. Alhamdulillah, mudah-mudahan berkenan dg awardnya

  14. Dinotakim berkata:

    Nice artikel mas…met sore, met beraktifitas mas…

  15. Joddie berkata:

    ho..ho..ho.. penggemar the condor heroes toh? hihi.. aku pinjem donk bukunya..😦

  16. kakve_santi berkata:

    selamet dapet award!

  17. Hdsence berkata:

    met sore sobat,,,wah kamu tau bnyak hadist jg yaaa, suka baca bukujuga..mantap… truslah berbagi ilmu sobat…Ok

  18. catatan kecilku berkata:

    Kalau karya Motinggo Busye adalah bacaan bapakku dulu. Aku tak tahu apakah buku-2nya masih ada.Selamat ya atas awardnya…

  19. Aulawi Ahmad berkata:

    hebat saudaraku ini, banca'annya eh bacaannya mauut, pasti ahli catur nih,kpn2 boleh tanding ama omku utut he2222, suka yoko ternyata, aku juga suka tuh apalagi waktu gurunya "sinto gendeng" ngasih dia kapak naga geni 212 wkwkwkwkwkwkw

  20. isti berkata:

    bahasannya berat juga ya..but thanks udah sharing..

  21. Ivan Kavalera berkata:

    Wah, tag yang keren. Selesai juga PRnya ya mas.

  22. Itik Bali berkata:

    Kok Tagnya susah banget sih mas Buwel?

  23. Hendriawanz berkata:

    oh saya baru tau kalau itu trilogi..wah sudah lama, bahkan liat di tv, baru tau sekarang. trims atas infonya

  24. Mamah Aline berkata:

    tagnya udah bisa dikerjakan, sekalian dapat awardnya selamat ya mas buwel….

  25. ranny berkata:

    nh dini dan mira w pernah baca tapi buku tentang catur itu loh huhuhuh beraaad hihihih

  26. waroeng coffee berkata:

    kalau aku dari dulu sukanya komik , agatha cristie, donal bebek, tintin, asterix, FHM, marsupilami, EA (siapa yg nanya), catur aku suka tapi kalau kalah ngamuk hehehe

  27. suryaden berkata:

    lhaa.. kucingnya mana… meoong

  28. anyin berkata:

    masih soal tag nih ya mas… jawane piye ngunu iku.. btw orang mana sih mas?

  29. heemmmm… SH Mintardja ya mas? kayaknya pasti judulnya Api di Bukit Menoreh….

  30. Fauzan berkata:

    Waduh, hebat loghatul 'arabiyyah ternyata. dan buku2 nya nggak ada yang aku tau. hehePenulis yang hebat berawal dari pembaca hebat. keliatannya seperti itu nih. hehe

  31. bluethunderheart berkata:

    komic emang seru…….salam hangat dari blue

  32. KucingTengil berkata:

    nyaaaa… lucunya, buku2 yg buwel baca malah mia suka dalam prakteknya. Dari kecil Mia suka maen catur, tapi ga suka baca buku ttg strategi catur. bikin ngantuk hahaha lbh suka langsung diaplikasikan di papan caturnya. Kalo buku yg legend of condor heroesnya, belum pernah mia baca tapi filmnya udah Mia liat dan jadi salah satu film kesukaan mia juga waktu kecil tuh^^

  33. mampir buwel,sambil baca-baca

  34. ow, kn tag juga mas buwel..ntar bukunya kirimin k aku yak ;Dselamat tuk awodnya,

  35. Newsoul berkata:

    Selamat awardnya wel. Kucing Tengil, he, siapa ya….?

  36. darahbiroe berkata:

    wah gak begitu suka dengan kucing heheberkunjung dan ditunggu kunujungan baliknya makasih😀

  37. ajeng berkata:

    Sedang berpikir keras nih mas, apa hubungannya ya antara nahwu dengan komik? Hehehe😀

  38. darahbiroe berkata:

    n selamat awwardna berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh😀

  39. Wah…suka catur juga ya mas ? kapan-kapan kalo ketemu saya tantang deh…he..he

  40. richo berkata:

    Mengamankan lokasi bro….. lapor sudah aman hehhe

  41. soewoeng berkata:

    kalo diriku trilogi kweceng ampe to liong tosuka juga… yang kurang suka yang yokoentah mengapa…. lha kalo dvd kweceng dan tio buki punya beberapa versi bos…..

  42. buwel berkata:

    @Soewoeng: Nggak punya sama sekali Mas… hehehhehe, wong itu ceritanya buku yang buwel suka waktu kecil saja…🙂

  43. buwel berkata:

    @Mbak Ajeng: hihihiihi, wong ubungannya di kucingnya doang mbak… maaf…🙂

  44. buwel berkata:

    @All: Tq Ea…

  45. anazkia berkata:

    wehehehe.. jadi iget kuis di FB dulu😀

  46. anazkia berkata:

    blog anaz error :(( tadi ceritanya mau ikutan nufnang. Pas diutak atik, di edit HTML gak mudeng Anaz readmorenya malah hilang. Gimana caranya Wel? coz dulu Anaz dibuatin sama Arwani ;((

  47. buwel berkata:

    Waduh, buwel nggak begitu mahir naz tentang ini, tahunya dikit2 doang… 😦

  48. munir ardi berkata:

    aku juga suka condor heroes mas apalagi filmnya waktu remaja dulu wiih bikin nangis saking romantisnya"siapa yang membuatku pilu kembali datang masa lalu, benci dan rindu selalu menyatu, tak pernah tahu kapan berakhir, kenangan indahpun memudar alami masa sendu, walau kita kan berpisah hasrat hati bergelora" wah kok malah nyanyi aku, sorry mas jadi inget OST modern condor heroes

  49. munir ardi berkata:

    aku juga suka condor heroes mas apalagi filmnya waktu remaja dulu wiih bikin nangis saking romantisnya"siapa yang membuatku pilu kembali datang masa lalu, benci dan rindu selalu menyatu, tak pernah tahu kapan berakhir, kenangan indahpun memudar alami masa sendu, walau kita kan berpisah hasrat hati bergelora" wah kok malah nyanyi aku, sorry mas jadi inget OST modern condor heroes

  50. Elsa berkata:

    yang penting …mencintai buku.heheheberarti gemar membaca pula.sehingga bisa menularkan kegemaran ini kepada generasi di bawahnya. bukan begitu???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s