Secuil Tentang Ketoprak


Dulu sewaktu saya kecil, kira2 seumur anak kelas 5 sd. saya inget almarhum bapak saya demen banget dengan acara ketoprak ini.Kalau nggak salah acara ketoprak ini ditayangkan di tvri seminggu sekali. jelas ketoprak yang dibahas bukan ketoprak sejenis makanan yang ada lontongnya,bihun, kerupuk, tahu trus diguyur sambel kacang ama di kecrutin kecap. *ups, emang ketoprak ada tahunya nggak sih?* koreksi bila saya salah ya

Ketoprak yang bukan ketoprak sejenis makanan ini adalah sejenis teater tradisional, atau drama tradisional indonesia yang bisa dikategorikan farce karena isinya biasanya merupakan komedi yang memancing rasa tawa dan geli. Komedinya biasanya karena ada kata2 yang agak ‘kotor’ atau tak layak ucap atau malahan biasanya juga tingkah megang kepala atau nonyol. pokoke bau farce wis, kata buku sastra indonesia.🙂

Seingat saya, biasanya latar cerita ketoprak ini adalah cerita2 rakyat yang sudah melegenda ataupun kerajaan2 di jawa tengah jawa timur pada khususnya. Dan seingat saya lagi, waktu tahun 90an itu sisi kelucuan terletak di banyolan banyolan blodor. Blodor yaitu semacam peran figuran yang tujuannya memang untuk melucu atau menghibur di sela jalannya cerita. Namun setelah ada ketoprak humornya srimulat, yaitu sekitar tahun 2 ribuan, ehnnnggg koreksi bila saya salah lagi tentang tahunnya. Ketoprak menjadi bener2 lucu dan kayaknya nggak bisa mbedain mana blodor dan mana pemeran utamanya. karena iyyyaaa itu tadi semuanya lucu.🙂

Dan mungkin hanya itu ‘ilmu’ saya yang bisa saya kalamkan(baca tuliskan) tentang ketoprak ini. Ternyata memang Benar bahwa apa yang dikalamkan itu sesuai dengan ilmu yang dipunyai.Semakin luas pengetahuannya(ilmunya) tentu semakin banyak pula yang bisa diceritakan. Dan ilmu saya tentang ketoprak ini ternyata hanya seperti yang diataslah yang bisa disampaikan.
Maaf dan Salam Ya…

****
sumber gambar:http://images.search.yahoo.com/images/view?back=http%3A%2F%2Fimages.search.yahoo.com%2Fsearch%2Fimages%3Fp%3Dgambar%2Bketoprak%26ei%3DUTF-8%26fr%3Dffds1%26fr2%3Dtab-web&w=80&h=53&imgurl=techno.okezone.com%2Fphoto%2Fglli%2Fphoto%2F2009%2F07%2F07%2F16%2F3218%2Fimage2_thumb.JPG&rurl=http%3A%2F%2Ftechno.okezone.com%2Fview%2F2009%2F07%2F07%2F16%2F3218%2Fhari-jadi-postel-rayakan-dengan-ketoprak&size=5k&name=image2+thumb+JPG&p=gambar+ketoprak&oid=c26f89298a75e8bc&fr2=tab-web&no=7&tt=9&sigr=12qep1ku1&sigi=127ou7i9q&sigb=12skcjd9k

Pos ini dipublikasikan di Budaya, Drama. Tandai permalink.

28 Balasan ke Secuil Tentang Ketoprak

  1. annie berkata:

    lama gak kesini, kayaknya templatenya ganti ya, Chen? Zaman TVRI dulu, tayangan macam ini memang banyak, selain ketoprak juga ada gambang kromong, sendratari, wayang dll. Sekarang sudah mulai jarang ya

  2. Nova Imoet berkata:

    dulu sih RCTI juga siarin ketoprak humor…tapi sekarang OVJhahahhahha

  3. Aulawi Ahmad berkata:

    kirain ketoprak makanan itu bro, wes kadung ngiler he222, btw semoga seni budaya yg seperti itu tidak terkikis oleh zaman…

  4. jadi pengen makan ketoprak. lhoo?

  5. Ali Mas'adi berkata:

    bicara soal ketoprak.. mertuaku dua duanya pemain thoprak lho… apalagi ibu mertuaku, suaranya merdu.. klo nyinden.. wah bisa bikin nyenyak tidur

  6. minomino berkata:

    wow, mudah2n g ada yg ngambil budaya kita lagi yaaa🙂

  7. Syifa Ahira berkata:

    kalo aku taunya ketoprak makanan..jadi laper..

  8. Alrezamittariq berkata:

    skrg ketoprak dah bias jadi makanan nih…hehe

  9. Mamah Aline berkata:

    jadi ingat ama ketoprak humor, dulu rajin nonton tayangan di TV

  10. Kang Sugeng berkata:

    Ketoprak tuh kesenian favorit saya Mas

  11. NURA berkata:

    salam sobatwah saya suka mas ketoprak,saat dulu di kota saya Yogyakarta,sering nonton.jadi kangen lihat foto yang dipostingkan mas,,

  12. Hendriawanz berkata:

    saya masih ingat pernah ada ketoprak sayembara. waktu itu semangat ngikutin cerita serialnya, untuk nyocokin, tebakan bener nggak.

  13. hryh77 berkata:

    kalo saya dulu suka liatnya di rcti he..he..

  14. munir ardi berkata:

    aku suka ketoprak yang penting seru ada adegan humornya selamat malam mas

  15. Resensi Blog berkata:

    ketoprak salah satu budaya yang harus dilestarikan

  16. artikel yang sangat saya sukai tentang budaya bangsa

  17. simple world berkata:

    i like your culture bro very exotic

  18. munir ardi berkata:

    terimaasih mas rupanya anda sudah memasang link saya di blog anda langsung deh dipasang juga

  19. h-run berkata:

    jiah.. kirain makanannya, tp emang kasian juga udah mulai terkikis sama pelem moderen

  20. ninneta berkata:

    aku juga suka banget nonton ketoprak walaupun nggak ngerti… hehehehehe

  21. richo berkata:

    wah aku dulu malah pernah jadi pemain, peranna anak gendruwo trus di suruh pake gigi palsu yang lancip2 gt. anehya tiap mo ta pake bawaane mo muntah mulu…. akhire ga berani bicara deh aku heheh. seru banget

  22. PRof berkata:

    Klo pas lagi pulkam, masih sering nonton live kethoprak….

  23. ehmmm… ketoprak ya? Aku juga suka nonton… apalagi kalo pas adegan ngelucu dan perang-perangan…

  24. marsudiyanto berkata:

    Sekarang sudah susah kalau pengin nonton ketoprak…

  25. Dhe berkata:

    dhe ga pernah liat ketoprak…😦 hikz.. dan maem ketoprak, krn ga suka kacang, kecap.. dsb.di ungaran ada pertunjukkan ketoprak ga yah?? hmmm..

  26. Kurotsuchi berkata:

    saya pas masih kecil takut sama wayang orang. tapi selepas nonton Mahabharata dan Ramayana, jadi doyan wayang. sekarang? paling cuman ngandalin OVJ dowangan😛

  27. Cerita Tugu berkata:

    hanpir setiap hari minggu dulu inyong selalu mendengarkan ketoprak radio

  28. Elsa berkata:

    sayangnya, sekarang ketoprak makin langka. aku sedih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s