TENTANG PARU PARU BASAH

Setelah kemarin buwel menulis tentang obat tradisional bila tersengat lebah, detik ini buwel pengin membahas seputar kesehatan lagi. Emang beda jauh dengan bahasan kemarin. Detik ini buwel pengin membahas tentang paru paru basah. Sebuah nama penyakit yang sekarang lagi ada di benak buwel saat ini.

Ceritanya, kemarin kemarin temen buwel itu terkena penyakit ini, Dan sekarang masih dirawat di rumah sakit. Terus timbul ide untuk sekedar membahas tentang paru paru basah ini.

Oiya, sekalian minta doa sahabat sahabat semuanya untuk temen buwel ini.
Moga temen buwel ini cepet sembuh ya…

Langsung saja mari simak pembahasan paru paru basah ini.Di ambil dari situs http://www.indoforum.org/showthread.php?t=53384.

Paru paru basah

Paru-paru basah merupakan istilah di masyarakat yang sering digunakan dokter/petugas medis untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan paru-paru. Proses yang sebenarnya terjadi adalah proses peradangan. Kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.

Penyebab cairan tersebut bisa macam-macam, misalnya :
1.Infeksi (TB paru, pneumonia, dll)
2.Tumor paru (baik yang asalnya dari paru-paru maupun proses penjalaran dari tumor di tempat lain)
3.Trauma (misal hantaman benda tumpul di rongga dada, dll)

Peradangan pleura di Indonesia paling sering disebabkanpenyakit TBC. Radang di dalam paru-paru ini akan menembus pleura yang lalu menimbulkan cairan. Selain TBC, cairan bias muncul bila paru-paru terkena bronkhitis, tumor, bahkan masalah di luar paru-paru, seperti demam berdarah, kekurangan albumin, dan lain-lain. Cairan muncul karena peradangan paru-paru mengganggu permeabilitas (keadaan zat yang memungkinkan lewatnya zat lain) pembuluh darah dan saluran getah bening di daerah tersebut sehingga cairan merembes masuk. “Perlu diingat, cairan tersebut bukan merupakan lendir dari saluran napas atas yang turun ke bawah, tetapi muncul karena peradangan, ”katanya. Tingkat bahaya penyakit ini tergantung pada penyakit dasarnya. Bila disebabkan tumor atau kanker, maka sangat berbahaya. Sedangkan bila karena TBC, infeksi nonspesifik, kekurangan albumin, atau kuman demam berdarah, biasanya tidakterlalu serius

Masyarakat biasanya mengaitkan hal tersebut dengan kebiasaan mandi malam hari, tidur di tempat dingin, berkendaraan motor di malam hari atau dihubungkan dengan kipas angin. Sebetulnya tidak ada kaitan secara langsung.

Kalau paru-paru basah karena posisi infeksi misalnya, penderita harus terpapar terlebih dahulu dengan bakteri/virus yang berkembang di tempat yang menyebabkan penyakit tersebut.
Mengenai menular tidaknya kelainan tersebut, tergantung penyebabnya. Sebagian besar proses infeksi pada paru-paru bisa menular melalui udara, apalagi TBC. Yang paling populer dan diketahui masyarakat biasanya paru-paru basah hanya dimaksudkan untuk penyakit TB paru.
Penyakit TBC atau tuberkulosis merupakan penyakit paru-paru yang sering menyerang anak-anak usia bawah lima tahun (balita), orang dewasa dan tergolong mudah menular. Penyebab bakteri Mikobakterium tuberkulosa, yang berbentuk batang dan tahan asam sehingga sering dikenal sebagai bakteri tahan asam (BTA). Bakteri ini merupakan bakteri yang kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya.

TBC biasanya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang bagian tubuh lain, seperti kelenjar getah bening, selaput otak, tulang, dan lain-lain.

Masa inkubasi (berjangkit) kuman TBC di mulai sejak ia masuk kedalam tubuh sampai memperlihatkan gejala, kira-kira 2 – 10 miggu. Penularan ini dapat melalui pernapasan, percikan ludah dan dahak penderita saat batuk, bersin atau bicara.

Adapun gejala klinis penyakit TB Paru di bagi menjadi dua, yaitu gejala salura napas (respiratorik) dan gejala tubuh secara luas (sistemik).

Gejala saluran napas (respiratorik), antara lain :
1.Batuk disertai dahak selama 3 minggu atau lebih.
2.Kadang dahak keluar bercampur darah.
3.Sesak napas dan nyeri dada.

Gejala tubuh secara luas (sistemik), antara lain :
1.Nafsu makan berkurang.
2.Berat badan menurun atau menjadi kurus.
3.Demam lebih dari 1 (satu) bulan.
4.Berkeringat di malam hari, meskipun tidak melakukan kegiatan.

Untuk mencegah agar tidak terjangkit lagi, kita juga harus mengetahui mata rantai penularannya. Jika seorang penderita TBC berbicara, meludah, batuk atau bersin, maka kuman TBC yang berada di dalam paru-paru akan menyebar ke udara. Bakteri TBC tersebut dapat dihirup oleh orang lain yang berada di sekitarnya.

Pasti banyak di antara kita yang memiliki ruang santai dengan karpet yang menghampar sehingga kita sering tertidur dengan hanya beralaskan karpet bahkan tidur di lantai. Bahkan banyak juga yang masih menggunakan kasur langsung beralaskan lantai. Sebaiknya bagi yang memiliki kebiasaan tidur seperti di atas harus mulai waspada jika merasakan gejala sering sesak napas, batuk-batuk berdahak, dan nyeri dada. Bisa jadi gejala itu adalah tanda-tanda paru-paru basah.Bagi yang belum mengalami gejala di atas, sebaiknya ganti cara istirahat tidurnya. “Sebaiknya gunakan ranjang yang agak tinggi karena ranjang yang tinggi akan menghindarkan dari menghirup uap air yang berasal dari lantai. Namun bagi yang sudah merasakan gejala di atas, berhati-hatilah dan segera periksa ke dokter. Biasanya seseorang yang dinyatakan menderita paru-paru basah akan menjalani terapi hingga 6 bulan. Bila benar dinyatakan menderita paru-paru basah, atau merasa mengalami gejala sesak napas, batuk dan sebagainya,
Cara menyembuhkan TBC adalah minum obat secara teratur sesuai anjuran dokter, sampai dinyatakan sembuh dengan serangkaian pemeriksaan ulang. Memang terkadang terasa berat minum obat tersebut karena memakan waktu berbulan-bulan.

Sedang cara pencegahannya dengan menjalankan pola hidup sehat, antara lain : makan bergizi seimbang, mejaga kebugaran tubuh, istirahat cukup dan jangan tidur larut malam, jangan merokok (pasif atau aktif) dan membuka jendela rumah pagi sampai sore hari.

Adapun Prof. dr Hembing menyarankan dengan cara herbal untuk pengobatan. Misalnya, daun Pegagan dan daun Sambiloto. Herbal ini terbukti mampu membantu penyembuhan paru-paru basah. Biasanya pengaruh yang dirasakan pertama adalah hilangnya rasa sesak napas dan nyeri pada dada.

Penerapan personal hygiene (kebersihan individual) juga memegang peranan penting, seperti bila batuk harus menutup mulut agar keluarga dan orang sekitar tidak tertular, jangan meludah di sembarang tempat, dan lain-lain.

Salam….

Pos ini dipublikasikan di KESEHATAN. Tandai permalink.

134 Balasan ke TENTANG PARU PARU BASAH

  1. malam wel. semoga temannya lekas sembuh ya. terima kasih juga utk komentmu atas postingan saya.

  2. cahyadi berkata:

    infonya bermanfaat banget nih mas… makasih ya… untuk temannya semoga lekas diberi kesembuhan… salam kasih…

  3. alamendah berkata:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!Wah, sangat bermanfaat ini.

  4. attayaya berkata:

    semoga temennya cepat sembuh

  5. Ivan@mobii berkata:

    Loh kok jadi gni? Mana puisix?

  6. namaku wendy berkata:

    tapi paru-paru basah itu masih termasuk penyakit yg bisa disembuhkan atau diobati kan yah mas?semoga temannya lekas sembuh yah mas

  7. sibaho way berkata:

    di masy. kita memang banyak banget mitos soal penyakit, kayak paru2 basah ini…

  8. becce_lawo berkata:

    penyakit ini juga banyak dialami sama mahasiswa mas yang aktif berorganisasi.terbukti setelah mrk selesai dari kampus, penyakit ini sering muncul…klu ngga salah ini diakibatkan karena aktifitas mereka yg sering begadang, merokok dan tidur di t4 yg lembab seperti ubin lantai tanpa pengalas.

  9. Newsoul berkata:

    Infonya mantap. Semoga si Alfiani cepat sembuh ya.

  10. Vicky berkata:

    Mudah-mudahan temannya cepat sembuh ya, Buwel. Itu paru-paru temannya sudah disedot, belum?

  11. wah semoga cepet sembuh temennya buwel hehe, posting yag bermanfaat! hehe

  12. aprillins berkata:

    ya ampun.. naas sekali nasibnya.. makanya jangan kipas2an pas keringetan.. n jangan tidur di lantai basah..🙂

  13. reni berkata:

    Terima kasih infonya… Pasti bermanfaat.Apa kabar nih..? Lama gak aktif blogging ya ?

  14. arkasala berkata:

    trims banget atas infonnya Mas. Sangat bermanfaat banget artikel ini. Salam sukses selalu🙂

  15. wah,,bahaya nihcek ke dokter dulu ach,,jangan-jangann..????

  16. Elsa berkata:

    tapi bisa sembuh kan???ada obatnya kan????semoga temannya cepat sembuh ya.

  17. Erikson berkata:

    makasih infonya gan, oo jd gt ya maksudnya lebih pelik rupanya, doa saya semoga kawan mu lekas sembuh amin..

  18. Fajar berkata:

    moga sang kawan cepet sembuh om….mantaps tipsnya…thanks…

  19. Rosi aja berkata:

    trims bwt infonya kawan. tp solusi herbal yg dari daun pegagan ntu cara mengkonsumsinya bagaimana ? bs ditambahkan infonya ?

  20. Narzis.net berkata:

    Wah…bantu doanya nih…Semoga aja temennya buwel cepet sembuh. amin🙂

  21. Inuel ^_^ berkata:

    semoga lekas sembuh yah temennya , dulu kakekQ meninggal juga karena paru-paru basah yang dah parah banget, hikz… jadi keinget, semoga kita semua selalu di beri kesehatan ya🙂

  22. kosong berkata:

    semoga lekas sembuh

  23. suwung berkata:

    cepet sembuh bos temenya

  24. brinet berkata:

    semoga lekas sembuh pak

  25. dinotakim berkata:

    mantap infonya mas..btw saya turut mendoaakan buat kesembuhan temannya mas…

  26. dinoe berkata:

    semogan temannyacepat sembuh ya mas…

  27. weell…nama lain dari paru2 basah kan paru2 becek ya? he hehe

  28. Munir Ardi berkata:

    kang buwel kalau selalu pake kipas angin bisa kena paru basah nggak btw nice posting mantap

  29. Cerita Tugu berkata:

    semoga lekas sembuh,hhe..kayak dokter aja

  30. anindyarahadi berkata:

    bermanfaat banget nih bang^^

  31. lilliperry berkata:

    semoga temannay cepat sembuh kang dan makasih buat infonya.. jadi lebih hati2🙂

  32. aprillins berkata:

    sing sabar yoo mas…

  33. Makasih atas infonya Welll…Moga temennya cepet sembuh.

  34. Kang Sugeng berkata:

    Kalo mbahas masalah pEnyakit dalam gini, saya jadi ngeri Kang…

  35. Kang Sugeng berkata:

    Kalo mbahas masalah pEnyakit dalam gini, saya jadi ngeri Kang…

  36. vie_three berkata:

    walaaahhhh sekarang ganti propesi niy…. jadi tukang kesehatan sekarang….. wkwkwkwkwkwk

  37. Ali Mas'adi berkata:

    jadi.. klo naik motor nggak perlu pake pelindung dada tebel tebel ya… yang penting masker aja kali ya…??

  38. RanggaGoBloG berkata:

    kang buweeeel… saya dataaaaaaaang…. hihihihi mam[ir yaaah…..

  39. mocca_chi berkata:

    hmm.. peringatan bagi orang-orang yg ga punya kasur keknya ini, maka belilah kasur sebelum paru paru anda bermasalah.wkwkwkwk…ayo bang,ngeblog lagiiii

  40. lovepassword berkata:

    Info yang bagus …- Semoga teman kamu cepat sembuh

  41. AISHALIFE-LINE berkata:

    wah..wah..infonya menarik banget bro.Thanks for sharing ya.

  42. aprillins berkata:

    buewl bewl ewl wel.. hohhohoh

  43. rizal berkata:

    itu pengaruh merokok apa ndak tu…btw. udah lama aku nggak kemari ternyata sudah banyak yang berubah…so maafkan daku

  44. bang FIKO berkata:

    Semoga cepat sembuh ya, temenmu…BTW postinganmu udah mulai serius2 semua ya.. hehehe…

  45. BrenciA KerenS berkata:

    semoga lekas sembuh ya temannya….. pa kabar wel??

  46. elistadyon berkata:

    malam dan selamat malam,semoga cepet sembuh amin

  47. malam….bawain wedang jahe buat wel.

  48. linduaji berkata:

    salam buat temannya, semoga cepat sehat kembali.sekedar cerita aja, kata teman saya kalau paru2 basah itu obatnya ngemil handuk biar cepat kering paru2nya. ada2 aja.pamit..

  49. Ari berkata:

    Paru-paru basah…..Ngeri itu.Mending dijemur, sebentar juga kering.

  50. Quinie berkata:

    semoga temennya buwel cepet sembuh ya🙂.

  51. YolizZ berkata:

    semoga temennya mas buwel lekas sembuh yah… amiinn…

  52. makasih kang infonya…nambahin dikit, sering tidur di lantai tanpa alas juga bisa menjadi pemicu penyakit ini kang…jd jangan suka tidur di lantai yak, kalo lg gerah ya kipasan aja hehe, sukses!

  53. Ariyanti berkata:

    Temen2 kuliah ku juga banyak yg kena, karena sering begadang malem2 waktu kuliah. Semoga temannya Buwel cepat sembuh yaa…

  54. Pencarian Puisi berkata:

    Waktu kecil juga aku punya paru-paru basah sampai 5 tahun berobat rutin yah namanya jaman dulu, moga temanmu cepet sembuh

  55. isti berkata:

    saya juga ada info, ada bagusnya juga kalo lg sakit paru2 makan minyak ikan. moga temennya cepet sembuh ya..

  56. hanifah kh berkata:

    assalamu'alaikum wr. wbinfo yang baguscoz slam kenal ya ni kunjungan pertamaku lho..

  57. Lumbunghati berkata:

    adekku punya penyakit ini, jadi informasi ini sangat bermanfaat banget wel.

  58. Deny Deyn berkata:

    mlam, saya juga ukutan mendoakan dari sinimoga cepet sembuh

  59. Lolly berkata:

    dulu saya juga punya sakit paru-paru basah😦

  60. malam….bawain cake coklat

  61. dasir berkata:

    Sugeng enjing sahabat..pripun kbre?Hatur nuwun gih infonipun,mpun repot2 ngucalaken, mugi cepet sehat gih rencangipun.. amin

  62. dasir berkata:

    Sak niki jarang apdet blogke mas.. Taksih sibuk punopo gih?

  63. cah ndueso berkata:

    semoga tetep sehat selalu.amin..

  64. Tukang komen berkata:

    Sipp infonya, kupas tuntas tenan, semoga temannya lekas sembuh……

  65. gomel berkata:

    tenang aja..TBC asal ditangani cepat dan baik, bisa sembuh kok sekarang ;)gue aja pernah jadi suspect TB Paru. tapi setelah tes sputum atau dahak, alhamdulillah ga ada bakterinya.Makanya, kalo batuk, bersin, tutup pake sapu tangan. kalo emang harus pake tangan kosong, jangan lupa cuci tangan dulu sbelum bersalaman sama orang.Semoga cepet sembuh ya temannya!😉

  66. genial berkata:

    telapak tangan saiia sama telapak kaki basah bang buw… itu termasuk penyakit satu ini gag ?!?!?😦 jd takut😦

  67. aprillins berkata:

    buwell… silakan berkunjung untuk melihat om atta buka warung makan di jogja.. heueheueh

  68. ivan kavalera berkata:

    paru-paru basah, wah bahaya atuh kang.

  69. Andie Gokil berkata:

    bermanfaat infonya weell.:Dcuma bisa do'ain temenmu supaya cepat sembuh aja deh.🙂 temenku ada juga yang kena sakit ini.ada yang baru di blogku wel, ditunggu ya mampirnyaaa😀

  70. Emang ngeri nih penyakit apa lagi kalo keja di ruang ber ac.Btw i follow ya.

  71. mampir lagi ah semoga temennya mas buwel lekas sembuh dari penyakit paru paru basah yang di deritanya

  72. saung web berkata:

    Wah kebiasaan ku memang mandi malam hari,.. begadang.. motor2an malam hari.. ah perlu di check nih..

  73. Sudino Dinoe berkata:

    Mampir malam mas…salam hangat selalu…

  74. Kulitintacetak berkata:

    Mantab sekali infonya, terima kasih sudah berbagi resep

  75. dasir berkata:

    Mengunjungi sahabat di sore hari.. Salam

  76. kre_thek berkata:

    saya juga kena paru2 basah kk^_^

  77. attayaya berkata:

    mencegah lebih baik daripada mengobati

  78. genial berkata:

    mampir ngadem setelah lama mati lampu bang buw.. semoga bang buwel beserta keluarga selalu dalam keaadaan sehat selalu… amien🙂

  79. Fanda berkata:

    Setahuku dulu TBC itu hanya menyerang paru2, tapi sekarang ternyata (baru tahu) kalo bisa menyerang kelenjar yg lain. Thanks infonya

  80. attayaya berkata:

    sore semuanyaaaaaaaaa

  81. Sigit Purwanto berkata:

    nice info om, menambah wawasan dalam ilmu kepenyakitan..hehe

  82. TRIMATRA berkata:

    makin fariatif dan informatif tulisan2 kang buwel. lanjutkan!!have a nice weekend kang ;))

  83. met pagi Well…Moga sehat selalu.

  84. andrie callista berkata:

    informasinya bagus nih.. terima kasih..🙂

  85. kangen neh ama Mas Buwel, kemana aja Mas ? Jenuhnya keterusan kah ?

  86. eTha berkata:

    bAGUUUSS bEUUDD NII Om inffoo nyahhhh… hehehehehhhh.. Samaa ajjee yaa, ma "Bengeekkkk" wkwkwkwkwkwk

  87. MATA HATI berkata:

    aduh jd ngeri ni… cepet sembuh deh sp pun yg lagi sakit,,

  88. mamah aline berkata:

    wah untung diingetin nih, soalnya anak saya yang sulung senang baringan di lanati padahal punya asma tuh, makasih ya

  89. micro berkata:

    Mas semut..terimakasih ya sharing ilmunya.INFO MOBIL | INFO ALAT KOMPUTER | INFO ASURANSI | TOKO KOMPUTER

  90. sumpah bos,,aku takut nih ama penyakit inihiks..hiks..

  91. rony danuarta berkata:

    nyasar jadi kesini……follow balik yach……

  92. suwung berkata:

    adiku dulu minum obat ampe umur 6 tahun bos gara gara plek paru parusamakah dengan paru paru basah?

  93. dasir berkata:

    Menjenguk sahabat yg lg malas update. Salam

  94. Munir Ardi berkata:

    bagaimana keadaannya mas buwel

  95. ateh75 berkata:

    Kang kemana aja nih ,kangen sama kunjungan yang tiada hari tanpa berkunjung ,sekarang kok ga pernah muncul kerumahku ,kenapa ? hehe marah nih ceritanya sama kang buwel ,abis sombong nih sekarang ..*kidding ^_^

  96. Ravatar berkata:

    Lama gak nengok mas buwel nih. Baca di komen katanya sempet jarang update juga ya mas?. ayo semangat !Oiya buat selingan ada info tentang promo Paypal yang lagi bagi reward sampai $ 100 buat yang gabung via FB. Iseng iseng berhadiah mas🙂

  97. PRof berkata:

    Semoga temennya cepet sembuh…

  98. lovepassword berkata:

    Ada yang ngasih saran. Makan abon kelelawar saja

  99. rafael berkata:

    apakah menyebabkann kematian???

  100. Belog berkata:

    Wah..thanks infonya mas buwel???lama ndak kesini…hehehe

  101. dasir berkata:

    Sore wel, moga makin sukses ya. Dah sembuh blm tmnya?

  102. yayat38 berkata:

    Wah, mas Buwel kemana aja neh. Kangen !!!

  103. rizky berkata:

    badai pasti berlalu… moga cepat sembuh yak🙂 amien

  104. wayan belog berkata:

    halloww mas???semoga sehat selalu

  105. Cebong Ipiet berkata:

    walah ternyata jg lama g apdet iixixixix

  106. Dinoe berkata:

    Mampir mas..pa' kbr nih? Met hari raya idul adha ya..

  107. Munir Ardi berkata:

    selamat hari raya bagaimana kabarnya udah sembuh Masbuwel

  108. Dinoe berkata:

    Pagi mas…blm update ya mas…di tunggu neh..he..he..

  109. quinie berkata:

    semoga temen buwel lekas sembuh.dikau baik2 ajah kan?

  110. tukang komen berkata:

    kemana aja wel….

  111. Sudino Dinoe berkata:

    Met pagi mas….met beraktifitas..

  112. Opung berkata:

    Infonya bagus sekali. Semoga temannya juga lekas sembuh yah.

  113. informasi yang sangat berguna banget bagi saya karena saya termasuk yang suka rebahan di lantai saat menonton .. rasanya adeeeeemmmm dibanding di kasur ..harus mulai berhenti nih ..Cara Membuat Web

  114. Blog GABUS berkata:

    moga teman buwel cepet sembuh…maaf, baru bisa kunjung lagisalam anak magetan

  115. bluethunderheart berkata:

    lengkapmakasih y postingannyasalam hangat selalu

  116. mamah aline berkata:

    semoga sehat selalu ya buwel, mampir menjengukmu setelah sekian lama

  117. PRof berkata:

    Udara MAlem berpotensi "MEMANDIKAN" paru2ku neh BRo…..

  118. Wah belum diupdate nih Bung Buwel?Eniwei apakah temannya sudah sembuh?

  119. Dhe berkata:

    adek sepupu dhe jg pernah sakit paru2 basah! tp skrg dah sembuh^^semoga temenmu cpt sembuh yah^^

  120. ajeng berkata:

    Berhubung komennya sudah terwakili yg lain, jadi cuma ngucapkan selamat pagi saja. Selamat beraktifitas ^_^

  121. dasir berkata:

    Menyapa sahabatku.. Salam

  122. Lolly berkata:

    info yang sangat bermanfaat. thx uda share!dulu saya pernah kena paru-paru basah lho..waktu kecil dulu sih. untung skrg uda sembuh, amit2 deh, hiiiy..

  123. PhonanK berkata:

    Waduh2…serem juga penyakit yg satu ini yah…

  124. Zumairi berkata:

    artikel yg bagus…gejala-gejalanya hampir sama…memang betullah…ayah saya meninggal kerana paru-paru basah(di Malaysia panggil berair)http://paksuu.com

  125. Saung Web berkata:

    Semua penyakit tak boleh dianggap ringan yah.. semoga temannya lekas sembuh sobat.. yg sabar aja gitu..

  126. Kompas Muda berkata:

    penyakit ini cukup berbahaya loh…thank's atas pengetahuannya,….

  127. dr18nu berkata:

    Salam kenal..Semoga temennya cepet sembuh ya.N makasih infonya..

  128. Anonymous berkata:

    sudah ada Korban.hanya Tuhan menghendaki hidup yg Lebih Baik.di Relakan.

  129. bandoenglover berkata:

    lam kenal mas. skrg ibu sy lg opname gara2 paru2 bsh ini… mpe 2x sedot cairan, msg2 mpe lbh dr 1 ltr! btw, sy denger dr tmn pengobatannya bs mpe staun, n hrs mengkonsumsi obat2an (khusus) gk blh trputus. klo mpe absen mkn obt, bisa2 hrs diganti lg obtnya,n diulang. pa bnr?? n ada gk obt herbal sbg altrnatif pnymbuhan paru2 bsh ini? thx!

  130. Anonymous berkata:

    saya juga sedang mengidap penyakit tersebut,kira" dah 2 tahun lebih.saya harus menjalankan pengobatan yang entah sampai kapan,pernah saya merasa jengkel dengan penyakit ini'saya putus asa tapi saya melihat begitu banyak orang yang sangat menyayangi dan mensuport saya,dari situ saya bangkit,dan saya perfikiran optimis bahwa saya pasti akan sembuh.6 bln pertama saya blm sembuh penyakit saya smakin parah dan akhirnya saya harus di suntik tiap hari slama 2bln,stlh 2 bln itu hasil'a msh negatip maka'a saya harus di suntik lagi slm 2bln brturut" sakit banget,kaki saya sampai"susah buat jalan.tapi lama kelamaan saya terbiasa oleh suntikan" itu.2bln ke2 pun telah selesai saya jalani terus saya chek up lagi ternyata DR.bilang saya masih negatip.penyakit saya sudah kebal obat padahal dah banyak saya lakukan agar saya bs sembuh.tapi mungkin alloh masih menguji saya sampai berapa besar kesabaran saya,dan sekarang saya di suntik lagi cm bedanya sekarang 2hari sekali,mungkin dah 8bln,pas waktu kmrn saya chek up lg,Dr bilang saya sudah tdk di suntik lagi,alhamdulilah ya alloh akhirnya saya lpas dari suntikan" yg menyakitkan itu,betapa senangnya ketika saya mendengar kabar itu.ya walaupun masih harus berobat jalan,setidak'a saya berhenti di suntik.suatu saat nanti saya yakin saya pasti sembuh totai.[amien]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s